Rabu, 21 Oktober 2009

Anda Alumni Jerman?


“Anda Alumni Jerman?”

Judul diatas adalah sebuah judul iklan di koran kompas. Apakah Anda membacanya beberapa hari yang lalu?

Judul diatas mengunakan teknik bertanya, yang sangat efektif untuk menjangkau pikiran bawah sadar pembacanya.

Jika Anda bukan Alumni Jerman,
Kemungkinan besar Anda tidak akan membaca judul maupun isi artikel iklan tersebut.

Namun tidak apa-apa.
Beritanya memang tidak ditujukan untuk Anda.

*****

Di sisi lain, bagi para alumni, judul di atas akan segera menyita perhatian.

Ada tiga alasan untuk itu;

Pertama,
Para alumni merasa bahwa ini adalah pertanyaan yang langsung ditujukan kepada mereka. Pikiran bawah sadar mereka akan menjawab;ya, saya alumni Jerman!

Kedua,
Pertanyaan tersebut membangkitkan rasa penasaran mereka;
“ada apa ya dengan saya, Alumni Jerman?

Ketiga,
Untuk memuaskan dahaga keingin-tahuan, mereka akan membaca keterangan lebih lanjut.
Sangat efektif untuk sebuah iklan, bukan?

Teknik bertanya ini sering digunakan orang sales / marketing untuk qualifiying, karena judul iklan langsung menyortir antara prospek (calon pembeli) dan non prospek.

Jadi,
bila Anda ingin membuat iklan yang ditujukan untuk orang tertentu,
Anda juga dapat mempertimbangkan judul iklan seperti ini;

“Anda Orang Indonesia?”
“Anda Pemilik Perusahaan?”
“Anda Profesional Muda?”
“Anda Manager HRD?”
“Anda Trainer ?”
“Anda Marketer ?”
“Anda Sales ?”
“Anda Mahasiswa ?”
“Anda penggemar NLP ?”
“Anda butuh pembantu ?

Semoga sukses!

See You At The Top,


0 komentar:

 
;