Pertanyaannya, bagaimana caranya kita mengatur waktu terbaik untuk dapat menghubungi Pelanggan? Bapak Prijono Nugroho, Master Coach dari ActionCOACH Indonesia memberikan tips menarik sebagai berikut (lihat gambar-1).
1. Menghubungi pelanggan.
Katakan, pada tanggal 1, Sales Force Anda menghubungi pelanggan A, B, C, D, E, F, … (lihat gambar-1, kiri atas). Beberapa pelanggan karena sesuatu alasan meminta dihubungi kembali pada hari lain., misalnya tanggal 14 atau pada tanggal 21… (gambar-1, kanan atas).
2. Catat hari permintaan
Segera catat hari permintaan pelanggan pada secarik kertas… atau lebih efektif pada buku Agenda tahunan, dimana semua tanggal dan hari telah tersedia (lihat gambar). Catat pada halaman tanggal 14 nama-nama pelanggan yang minta dihubungi kembali.
Katakan, pada tanggal 1, Sales Force Anda menghubungi pelanggan A, B, C, D, E, F, … (lihat gambar-1, kiri atas). Beberapa pelanggan karena sesuatu alasan meminta dihubungi kembali pada hari lain., misalnya tanggal 14 atau pada tanggal 21… (gambar-1, kanan atas).
2. Catat hari permintaan
Segera catat hari permintaan pelanggan pada secarik kertas… atau lebih efektif pada buku Agenda tahunan, dimana semua tanggal dan hari telah tersedia (lihat gambar). Catat pada halaman tanggal 14 nama-nama pelanggan yang minta dihubungi kembali.
3. Hubungi Kembali Pada Hari-H
Pada hari yang bersangkutan, Sales Force Anda tinggal menghubungi pelanggan tersebut. Resistensi pelanggan akan lebih rendah karena merekalah yang meminta Anda menghubungi mereka pada hari tersebut. Sederhana, bukan?
Pada hari yang bersangkutan, Sales Force Anda tinggal menghubungi pelanggan tersebut. Resistensi pelanggan akan lebih rendah karena merekalah yang meminta Anda menghubungi mereka pada hari tersebut. Sederhana, bukan?
Keuntungan lain
Anda dapat secara simultan membuat Callplan untuk masa yang akan datang.
Misalnya target Anda 40 call per hari. Karena Sales Force Anda telah mencatat 20 nama prospek pada tanggal 14 (lihat gambar -1), berarti Anda hanya perlu memikirkan 20 nama lagi untuk mencapai quota harian.
Tidak jarang, jumlah pelanggan yang minta dihubungi pada tanggal tertentu jauh melebihi quota harian yang telah ditetapkan.
Semoga tipsnya bermanfaat, terima kasih!
See You At The Top,
Johny Rusly
Misalnya target Anda 40 call per hari. Karena Sales Force Anda telah mencatat 20 nama prospek pada tanggal 14 (lihat gambar -1), berarti Anda hanya perlu memikirkan 20 nama lagi untuk mencapai quota harian.
Tidak jarang, jumlah pelanggan yang minta dihubungi pada tanggal tertentu jauh melebihi quota harian yang telah ditetapkan.
Semoga tipsnya bermanfaat, terima kasih!
See You At The Top,
Johny Rusly
Your Success Partner
0 komentar:
Posting Komentar